DUNIA RAMALAN
Sebenarnya sudah tidak perlu dijelaskan lagi apakah ramalan itu, sebab pada masa kini kata ramalan . Begitu juga Ramalan Joyoboyo, Ramalan Ronggowarsito atau ramalan ramaln launnya. Orang untuk mengetahui haruslah mencari makna yang
tersirat bukan yang
tersurat. Tetapi ada juga ramalan yang untuk mengetahui tidak perlu dari yang tersirat cukup yang tersurat saja. Sehingga
- Ada ramalan yang terselubung
- Ada ramalan yang terang terangan
Termasuk ramalan yang terselubung
Ronggowarsito seperti
Joko Lodang, Kala tida, Sabda Jati, Sabda Pranawa, Sabda Tama dan lain lainnya.
Pada ramalan ramalan Joyoboyo seperti
Joyoboyo Musarar, Joyoboyo Praniti Wakyo, Joyoboyo Pranitiradyo dll
Ramalan
Sabdopalon yang juga sering dinamakan Jangka
Joyoboyo Sabdopalon.
Ramalan ramalan yang sering dibuat oleh ahli ahli Kebathinan dari perbabagai aliran. Seperti Ramalan Gunung Srandil dsb. Biasanya ramalan ramalan tersebut suifatnya terselubung, untuk mengerti dan mengetahuinya harus membuka tirai atau selubungnya dahulu, dan tidak setiap orang bisa atau tahu.
Pembuat ramalan ramalan terselubung ini biasanya orang orang yang dapat mengetahui hal hal yang belum terjadi.
(weruh sak durunge winarah)
Termasuk dalan ramalan yang terang terangan adalah seperti
HN BRAILSFORD dengan bukunya
“The war of Steel and Gold” dalam buku tersebut secara gambling penulis menujumkan akan datanya perang besar antara tahu 1914 – 1918.
Ernt Reinhard dalam bukunya
“Die Imperialistishe Politik im fermen Osten” (Politik Imperalis di Timur Jauh) berisi bakalan ada perang dilautan Teduh,
HECTOR Bywater “ Geopolitik des Pazifischen Ozeans” semua ditulis jauh sebelum peristiwa itu terjadi.
Ramalan ramalan tersebut didasarkan pada kejadian kejadian nyata. Ini diubung hubungkan dengan analisa yang tajam, berdasarkan problem problem dan perhitungan secara sistimatis dan wajar.
Seorang permal selain ahli hal astrologie biasanya dia mempunyai kekuatan yang terpendam didalam dirinya, semacam kekuatan bathin atau sering disebut Clairvoyance.
==== oOo ====
KI RONGGOWARSITO
Guna lebih menghayati dan mendalami katua karya beliau maka kita perlu mengetahui siapa sosok Ronggowarsito.
Biographi KI RONGGOWARSITO
Lahir di Surakarta pada Seni legi tanggal 10 Dzulkaidah tahun jawa 1728 atau tanggal 15 maret 1802 M. dirumah kakenya R Ng. Yosodipuro I seorang pujangga keraton yang terkenal dijamannya. Putera dari R tumenggung Sastronegoro. Nama kecil beliau Bagus Burham, sewaktu umur 2 sampai 12 tahun, beliau ikut kakeknya. Agar anaknya kelak berguna bagi bangsanya maka beliau dikirim ke tempat pendidikan yang dapat mendidik anaknya lebih baik.
Dan dikirimkanlah beliau mondok di Pondok Pesantren Tegalsari, di kawasan Ponorogo yang saat itu dipimpin Kyai Imam Besari yang terkenal dipusat kerajaan Surakarta. Saat itu Kyai Imam Besari mempunyai murid yang banyak dan pilih tanding. Bagus Burhan ke sana didampingi pembantunya yang bernama Ki Tanujoyo.
Mungkin pada kesempatan lain akan saya ceritakan perjalanan hidup Seorang Pujangga Besar KI RONGGOWARSITO.
KARYA KARYA KI RONGGOWARSITO
Karya karya beliau sangat banyak dan cukup popular, sehingga karya katya yang kurang jelas dinisbatkan ke sang pujangga tersebut.
Ciri khas karya beliau selain ada
“sandi asmo” (nama yang disembunyikan) disamping itu ada
“purwakanthi swara” (swara yang mengikuti swara lainnya) enak didengar dan enak dihafal. Missal “sandi asmo” …..bo
RONG, ang
GA, sa
WARga, me
SI, Mar
TAnya kalau diranggkai menjadi
Ronggowarsito.
Karya beliau antara lain Pustoko Rojo, purwo, Kalatida, Jaka lodang, candra sangkala, sabda tama, Sabda jati, Wedda Yatmoko, Wedha raga dll masih banyak lagi.
SERAT JOKO LODANG
RONGeh jleg tumi
BA
GAgaran santo
SA
WARtane meh te
KA
SIkara karo
DA
TAtage tan ka
TON
BArang barang nge
RONG
SAguh tanpa raga
KAtali kawa
WAR
DAdal ameka
SI
TONda murang ta
TA
Terjemahan bebasnya kira kira seperti ini, bilamana salah mungkin bisa dikoreksi
“syair yang paling atas bukan tembang berisi sandi asmo.suku kata pertama dan terakhir (sengaja ditulis dengan huruf besar) kalau dibaca dari atas kebawah akan berbunyi :
RONGGOWARSITOBASA KEDATON dan BASA KATON RONGGOWARSITO.”
Syair itu memang sulit sekali ditafdikan sebab pembuatnya sudah dibatasi suku ata pertama dan terhahir nantinya harus berbunyi demikian.
Namun demikian karena kenyataan Joko Lodang itu biasanya lengkap seperti itu maka terjemahan bebasnya seperti berikut:
“
Dengan gerak yang genit tiba tiba saja muncul mungkin yang dimaksut kedatangan peranan joko Lodang), berpegang pada kesentausaan bathin, membawa berita akan datangnya sesuatu penuh angkara, mulai menampakkan sifat sifat ketakutan, menyembunyikan diri, tidak menepati janji, janji yang sudah diikatpun dapat batal akhirnya hancur,itu suatu tanda kurangan ajaran.”
semoga bermanfaat menambah pengetahuan kita semua terhadap khasanah ilmu leluhur kita semua, menjadikan kita semua mawas diri, mengerti arti jati diri kita semua
Bersambung….
salam Paseduluran semua
Thank to @Hiukali , Team 7, Jajaran momod, @admin dan kawan kawan semua